Analisis Regresi Linear Sederhana

Diposting pada

Adakah dari kalian yang penelitian tugas akhirnya berkaitan dengan mencari hubungan kausalitas antar variabel?Nah, kalau kalian lagi nyusun penelitian untuk tugas akhir kalian dengan tujuan melihat hubungan fungsioanal atau kausalitas antara satu variabel independent (bebas) dengan satu variabel dependent (terikat) atau melihat pengaruh antara satu variabel independent (bebas) dengan satu variabel dependent (terikat) bisa menggunakan analisis regresi linear sederhana. Tapi tunggu dulu ya,,kalian harus cermati karakteristik analisis regresi dulu, karena tidak selamanya penelitian yang bertujuan untuk melihat hubungan fungsioanal atau kausalitas atau pengaruh antara satu variabel independent (bebas) dengan satu variabel dependent (terikat) menggunakan analisis regresi linear.

Analisis regresi linear sederhana  atau Simple Linear Regression  digunakan untuk mengetahui hubungan fungsional atau kausalitas (sebab-akibat) antara satu variabel independent (X) terhadap satu variabel dependent (Y). Persamaan Matematis Regresi Linear Sederhana

regresi linear sederhana 1

Y= a + b X

  • Y: Variabel dependent
  • X: Variabel Independent
  • a: Konstanta
  • b: Koefisien regresi

Karena hanya terdiri dari satu variabel independent dan satu variabel dependent, maka pengujian hipotesis pada analisis regresi linear sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan Uji-F ataupun menggunakan Uji-t. Hasil keduanya akan memberikan kesimpulan yang sama.

Langkah-langkah melakukan analisis Regresi Linear Sederhana

regresi linear sederhana 2

  1. Menentukan persamaan Regresi: Y= a + bX

regresi linear sederhana 3

  1. Menyusun Tabel Anova (Pengujian Hipotesis dengan Uji-F)

regresi linear sederhana 4

 

Contoh:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *