Statistik Inferensia: Konsep & Jenis

Diposting pada

Adakah penelitian kalian menggunakan statistik inferensia? Jika iya, maka kalian setidaknya paham dulu apa itu statistik inferensia. Pada dasarnya teknik analisis data statistik yang digunakan dalam penelitian itu ada dua macam yaitu statistik deskripsi dan statistik inferensia. Untuk statistik deskripsinya sudah pernah saya bahas ditulisan sebelumnya. Lalu apa yang membedakan diantara keduanya? Ketika penelitian kalian bertujuan hanya untuk menggambarkan keadaan data apa adanya melalui parameter-parameternya maka pilihlah statistik deskripsi, namun jika penelitian kalian bertujuan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan/diinferensialkan terhadap populasinya maka gunakan statistik inferensia.

Lalu dalam sebuah penelitian apakah harus menggunakan salah satu dari kedua teknik analisis data statistik tersebut?Tidak…kalian boleh menggunakan salah satu atau menggabungkan kedua teknik analisis tersebut, sah-sah saja, asal sesuaikan dengan tujuan penelitian yang kalian lakukan.

KONSEP

Statistik Inferensial adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk mengkaji, menaksir dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sempel untuk menggambarkan karakteristik atau ciri populasinya. Dalam statistic inferensia ada proses inferensia atau yang sering disebut dengan pendugaan parameter. Proses inferensia terdiri dari dua macam, yaitu estimasi dan uji hipotesis.

  • Estimasi (Estimation) merupakan proses menduga nilai-nilai parameter populasi berdasarkan data sampel. Estimation dibedakan menjadi dua yaitu point estimation (Nilai statistik sampel langsung digunakan sebagai penduga parameter populasi)  dan interval estimation (Nilai statistik sampel digunakan membentuk selang/interval yang memuat parameter populasi dengan probabilyty tertentu)
  • Uji Hipotesis, yaitu dugaan sementara apakah hipotesis parameter populasi didukung oleh data sampel. Read moreKonsep dan pengujian hipotesis”

statistik inferensia

JENIS

Statistik inferensia dibedakan menjadi dua, yaitu statistik parameterik dan statistik nonparametrik.

  • Statistik Parametrik

Statistik Parametrik yaitu pengujian dilakukan dengan mempertimbangkan jenis sebaran atau distribusi data. Distribusi data bersifat normal dan homogeny (varians sama). Skala pengukuran data yang digunakan yaitu interval dan rasio. parametric diantaranya yaitu Pearson Correlation, Regresi (Sederhana & Berganda), ANOVA, Independent Sample t-test dan Paired Sample t-test.

  • Statistik Nonparametrik

Statistik Non-Parametrik sering disebut dengan pengujian bebas distribusi, artinya pengujian statistik yang tidak mensyaratkan  distribusi data harus normal ataupun homogen. Skala pengukuran data yang digunakan yaitu nominal dan ordinal. Teknik anlisis data statistik nonparametrik diantaranya Uji tanda (sign test), Spearman Rank Correlation, Wilcoxon, Mann-Whitney U, Fisher probability exact test dan Chi-square test.

Nah itu dia guys penjelasan mengenai statistik inferensia, semoga bermanfaat ya guys..

Happy Learning 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *