Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif

Diposting pada

Secara garis besar pendekatan penelitian dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kuantittaif, kualitatif dan mix method (gabungan antara kuantitatif dan kualitatif).  Sebelum menentukan teknik analisis data (TAD) yang akan digunakan tentunya kalian harus paham dulu, apakah pendekatan penelitian kalian yaitu kuantittaif, kualitatif dan mix method (gabungan antara kuantitatif dan kualitatif), kalau sudah pertanyaan selanjutnya yaitu termasuk dalam jenis penelitian yang mana? Karena beda pendekatan penelitian, beda jenis penelitian, beda pula teknik analisis data yang digunakan.

Tidak dipungkiri masih banyak diantara kalian yang suka menuliskan berbagai jenis teknik analisis data pada proposal penelitian kalian, padahal yang digunakan/dibutuhkan dalam penelitian kalian hanya satu jenis teknik analisis data saja, biasanya ditulis semua yang penting proposalnya tebal gitu ya.. Tidak boleh ya guys..tulislah sesuai dengan kebutuhan penelitian kalian.

Adakah diantara kalian yang teknik analisis data penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif? Banyak pasti ya.. Lalu kira-kira apa saja ya jenis TAD yang tepat untuk jenis penelitian kuantitatif kalian, berikut gambaran utamanya ya guys.

teknik analisis data

Teknik analisis data statistik dalam penelitian kuantitatif dibedakan menajdi dua, yaitu statistik deskripsi dan statistik inferensia.

  • Statistik deskripsi, digunakan ketika tujuan penelitian kalian ingin menggambarkan objek yang diteliti. Pada umumnya analisis Statistik deskripsi yang digunakan meliputi tendensi sentral, dispersi, penyajian data (tabulasi silang, tabel distribusi frekuensi kategori ataupun interval/numerik)
  • Statistik inferensia, digunakan ketika tujuan penelitian kalian adalah generalisasi hasil temuan sampel terhadap populasinya (penarikan kesimpulan terhadap populasi berdasarkan temuan pada sampel). Statistik inferensia dibedakan menjadi dua yaitu statistik parametrik dan non parametrik. Teknik anlisis data statistik nonparametrik diantaranya Uji tanda (sign test), Spearman Rank Correlation, Wilcoxon, Mann-Whitney U, Fisher probability exact test dan Chi-square test; sedangkan untuk statistik parametric diantaranya yaitu Pearson Correlation, Regresi (Sederhana & Berganda), ANOVA, Independent Sample t-test dan Paired Sample t-test.
  • Statistik deskripsi dan Inferensia (Gabungan); tentunya penggabungan dua jenis teknik analisis data ini sesuai dengan tujuan penilitian yang ingin dicapai.
  • Selanjutnya, pemilihan teknik analisis data baik deskripsi ataupun inferensia (parametrik atau nonparametrik) tentunya disesuaikan dengan tujuan peneilitian, jenis penelitian dan skala pengukuran data yang digunakan, karena hal penting yang membedakan antara parametric dan nonparametric adalah jenis skala pengukuran datanya.

Nah itu dia guys penjelasan mengenai teknik analisis data yang dapat digunakan dalam pendekatan penelitian kuantitatif, semoga bisa memberikan gambaran mengenai pemilihan TAD yang tepat untuk penilitian kalian.

Happy leraning 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *